Jumat, 23 September 2011

SEJARAH BAND VIERRA




Band Vierra yang akhirnya mengeluarkan album perdananya itu pun sukses setelah berjodoh lewat Friendster. Perjumpaan Trian (drum), Kevin (kibord), Widi (vokal) dan Raka (gitar) dimulai dari persahabatan sang drummer dan kibordis. Tak lama mereka mengenal Raka lewat Friendster. Raka yang mengenalkan Widi kepada personel lainnya lewat jaringan persahabatan tersebut. “Awalnya memang dari friendster. Kita semua kenalan dari friendster dan akhirnya sampai sekarang,” ujar Widi sang vokal Vierra. Saat ini band Vierra telah merilis album perdana dengan tajuk ‘My First Love’. Mereka pun mengeluarkan ‘Dengarkan Curhatku’ sebagai single andalan band itu.

Grup musik Vierra terbentuk pada November 2008. Mereka memilih jalur pop dan lagu-lagu yang terinspirasi dari musik Disney, sebagai ciri khas musik yang dimainkan. Salah satu judul lagu mereka adalah Bintang
Personel Vierra adalah Widy Soediro Nichlany (vokalis), Kevin Aprilio (pianis/keyboardis), Raka Cyril Damar (gitaris), Satryanda Widjanarko (drummer), dan pemain tambahan, Deryansha Azharv (bassist).
Pada 2009, Vierra merilis album pertama yang berjudul "My First Love" dan singel pertama dengan judul Dengarkan Curhatku. Album tersebut berisi 12 lagu. Judul yang sudah dirilis adalah Dengarkan Curhatku, Rasa Ini, Bersamamu, Perih, Seandainya, dan Jadi yang Kuinginkan. Pada Maret di tahun yang sama, Vierra juga sudah membentuk klub penggemar bernama Vierrania. Vierra berdiri di bawah naungan label Musica’s Studio. Produser mereka adalah Noey dan Capung, yang sebelumnya telah sukses meggarap album-album milik Nidji, D’Masiv, dan Peterpan.

Awalnya, Kevin Aprilio mendirikan band bernama Andante. Pada 2008, Andante berubah menjadi Vierra. Nama Vierra diusulkan oleh Satryanda, sang drummer. Personil Vierra sebagian besar masih berstatus sebagai mahasiswa. Kevin Aprilio dan Raka Cyril Damar adalah mahasiswa UPN angkatan 2007, Satryanda Widjanarko mahasiswa UI fakultas ilmu politik, sedangkan Widy masih duduk di bangku SMA Bakti Mulya 400, tahun ketiga. Raka Cyril Damar dan Satryanda Widjanarko banyak membantu mengaransemen lagu-lagu milik Vierra, termasuk lagu yang berjudul Bintang ini.
Keempatnya sepakat untuk memilih jalur Power Pop Disney untuk berkarya. Setelah beberapa bulan bersama, Vierra band pun masuk studio dan menggarap album tersebut selama tiga bulan. “Power Pop itu titik tengah aliran musik kita berempat. Nuansanya benar-benar disney banget. Tapi bukan berarti ngikutin. Dari segi aransemen kita banyak menggabungkan unsur keanekaragaman selera musik kita juga,” tutur Kevin sang keybord grup band asal kota hujan Bogor ini. Inilah yang seharusnya didengar dari remaja, memberikan karya-karya yang polos, jujur, dan bangga dengan karya mereka sendiri. Lewat ‘Dengarkan Curhatku’ yang dijagokan sebagai single andalannya, Vierra ingin berbagi dengan semua orang. Sharing tentang apa saja yang dirasakan bareng teman, orang tua atau dengan orang yang baru kita kenal. Vierra dimotori Kevin Aprilio yang juga putra musisi senior Addie MS dan Memes yang sempat mendirikan ‘Andante’ di pertengahan 2008 yang kemudian bermetamorfosis menjadi Vierra.
 
Album Baru

Pada Desember 2010 Vierra merilis album baru. Di album tersebut Vierra akan membawakan karya yang lebih dewasa dari album perdana mereka. Menurut Widy, sang vokalis, karya tersebut mengukuti perkembangan usia personil Vierra yang tentu saja semakin dewasa.
Meskipun demikian, karakter vokal Widy yang manis tetap muncul. Lagu-lagu mereka yang baru juga masih beraliran power pop dan “berbau” Disney. Menurut mereka pada album ini merupakan proses transisi untuk menuju lebih dewasa. Untuk tema, lagu-lagu mereka masih seputar cinta. Bukan hanya cinta sepasang kekasih, tetapi juga cinta pada sahabat dan keluarga. Alasan mereka, tema cinta adalah tema yang universal dan dekat dengan keseharian.




Pada acara SCTV Music Awards 2009, Vierra gagal memboyong predikat Album Pendatang Baru Group/Duo favorit. Karena itu, meskipun merasa sudah cukup puas atas pencapaian yang telah diraih, namun Kevin Aprilio mengatakan bahwa Vierra harus bekerja lebih keras agar masyarakat semakin bisa menerima dan menyukai musik Vierra. Selain itu, para personel Vierra menginginkan agar mereka dapat meraih penghargaan sebagai bintang di berbagai ajang penghargaan musik, seperti salah satu judul lagu mereka.
SEKIAN.......!!!





INDAHNYA SALING BERBAGI...!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar